5 Fakta Unik Mario yang Jarang Diketahui Orang

Fakta Unik Mario – Siapa yang tidak mengenal Super Mario? Diluncurkan pada tahun 1985, franchise ini merupakan salah satu franchise yang sukses membawa Nintendo menuju kemakmuran hingga saat ini. Game Super Mario terkait erat dengan citra game platform side-scrolling yang berlatarkan kerajaan fiksi bernama Kerajaan Jamur. Hal yang paling melekat di Super Mario adalah musik latar dan juga item yang digunakan untuk power-up berupa jamur, bunga, dan bintang.

Di balik kesuksesan franchise ini terdapat karakter bernama Shigeru Miyamoto. Shigeru Miyamoto adalah tokoh dalang di balik franchise dan game terlaris Nintendo seperti The Legend of Zelda, Super Mario, Donkey Kong, Star Fox, dan Pikmin. Dalam game tersebut, Mario digambarkan sebagai karakter laki-laki Italia dengan kumis khas dan setelan jas berwarna biru dan merah. Mario juga memiliki partner berbaju hijau bernama Luigi dan rekan antagonis bernama Wario dan Waluigi yang merupakan lawan mereka.

Selain fakta di atas, ada juga beberapa fakta unik Mario yang jarang diketahui orang lain. Penasaran apa saja fakta uniknya? Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak!

DAFTAR ISI
5 Fakta Unik Tentang Mario

  1. Mario diciptakan pada tahun 1981
    Mario sebagai Jumpman di game Donkey Kong
    Mario sebagai Jumpman dalam game Donkey Kong | tentang The Verge

Fakta Unik Mario yang pertama adalah meskipun Super Mario Bros pertama kali dirilis pada tahun 1985, Mario sendiri sudah muncul pada tahun 1981. Penampilan pertamanya adalah sebagai protagonis di Donkey Kong. Dia dikenal sebagai Jumpman. Di Donkey Kong, Mario harus menghindari rintangan, menaiki tangga, dan melompati celah untuk mencapai puncak lokasi konstruksi. Donkey Kong sendiri bertengger di atas sebuah gedung, menahan Pauline, yang konon adalah pacar Mario, di dalam sangkar.

Meskipun Jumpman dan Donkey Kong digambarkan sebagai rival yang bersahabat, manual game tersebut sebenarnya mengungkapkan bahwa Donkey Kong adalah hewan peliharaan Jumpman dan Donkey Kong termotivasi untuk menculik Pauline karena dia dianiaya olehnya. Gim ini dibagi menjadi empat bagian, yang masing-masing dapat digabungkan untuk membentuk level yang lengkap.

  1. Mario multi talenta
    Mario multi talenta
    Mario adalah karakter multi talenta | melalui DeviantArt

Fakta Unik Mario selanjutnya adalah Mario memang multi talenta. Saat Mario pertama kali muncul di game, dia sebenarnya adalah seorang tukang kayu. Dia harus memanjat situs konstruksi besar untuk menyelamatkan Pauline. Namun dalam game Mario Bros. 1983, Mario dan saudaranya Luigi adalah tukang pipa dari New York City. Anda harus menyelidiki saluran air kota setelah banyak makhluk aneh muncul di sana.

Fakta bahwa game tersebut menampilkan begitu banyak peluit membuat Shigeru Miyamoto, pencipta game ini, memulai perubahan karir untuk kedua bersaudara tersebut. Miyamoto berpikir masuk akal jika New York akan menjadi latar untuk permainan tersebut, mengingat akumulasi saluran pipa di bawah kota. Dia juga terinspirasi oleh beberapa manga yang menggambarkan area antah berantah yang dipenuhi pipa.

  1. Mario Terinspirasi oleh Popeye
    Permainan Popeye versi baru
    Game versi Popeye NES | melalui Pinterest

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan karakter Popeye. Selanjutnya ada fakta unik bahwa Mario sebenarnya adalah karakter yang terinspirasi dari Popeye. Pencipta Donkey Kong Shigeru Miyamoto awalnya ingin membuat game berdasarkan serial animasi Popeye dan menghadirkan karakter inti seperti Popeye, Olive, dan Brutus. Sayangnya, Nintendo tidak dapat memperoleh lisensi yang diperlukan untuk mengembangkan game tersebut. Sebaliknya, mereka menciptakan game Donkey Kong.

Setahun kemudian, setelah perilisan Donkey Kong pada 1982, Nintendo justru merilis game Popeye. Versi game Popeye ini sangat mirip dengan Donkey Kong. Namun Popeye dalam game ini tidak bisa melompat dan malah mengalahkan setiap rintangan untuk melewati setiap level.

Sumber :